Khatulistiwa – Jejak Langkah Negeriku adalah sebuah Musikal kolosal yang megah tentang para pahlawan Indonesia dari era perdagangan VOC hingga meraih Kemerdekaan Indonesia yang dikemas dramatik dengan tata artistik dan visual yang indah dari seni dan budaya Indonesia. Drama Musikal yang menampilkan 100 talenta muda Indonesia, memperdengarkan hampir 50 lagu Indonesia dari lagu nasional, anak dan daerah serta menampilkan rangkaian tarian Nusantara.

Cerita yang dituturkan seorang ayah kepada anaknya dengan cara mendongeng pada saat mereka menikmati perjalanan berkemah. Mulai dari kilas balik cerita semangat perjuangan Pangeran Kornels terhadap Daendels, Cut Nyak Dien, Sisingamangaraja, Christina Martha Tiahahu, Dewi Sartika, Sultan Hasanudin, dan para penggerak Sumpah Pemuda hingga masa Proklamasi Kemerdekaan oleh Soekarno dan Hatta.

Setiap pahlawan bangsa yang diceritakan memiliki ciri khas perjuangan masing-masing, ada yang dengan angkat senjata, ada yang melalui pemikiran intelektual dan kekuatan dari persatuan. Pada akhirnya rasa bangga akan negerinya tumbuh pada diri anak tersebut. Si anak dan teman-temannya mulai mengerti apa arti pahlawan dan menghargai perjuangan para pahlawan hingga kita bisa menikmati kemerdekaan ini.

“Setiap individu dapat menjadi pahlawan bagi orang terdekat, teman dan ruang sosialnya - terlepas ruang dan waktu. Karakter hebat yang telah dilakukan oleh para pahlawan bangsa sebagai pendahulu”

Dengan dukungan beberapa pemain seperti Kelly Tandiono, Rio Dewanto, Sita Nursanti, Tika Bravani, Ade Firman Hakim, Epy Kusnandar, Gabriel Harvianto, dan Haikal Baron.