‘Khatulistiwa: Mengenal Jejak Langkah Negeri’ Bangitkan Patriotisme Anak Bangsa

JAKARTA, RadarPena.com – Kurangnya minat masyarakat Indonesia terhadap persoalan sejarah membuat Josodirdjo Foundation dan ZigZag Indonesia mempersembahkan sebuah drama musikal ‘Khatulistiwa: Mengenal Jejak Langkah Negeri’. Tiara Josodirdjo, selaku pendiri dari Josodirdjo Foundation mengatakan ide membuat drama musikal ini sebenarnya sudah terpikirkan sejak lama.

“Kepikiran kurang lebih udah lama. Terus ada yang ingetin saya lagi ‘gimana acara drama musik buat anak-anak’. Sempat agak stress. Tapi akhirnya terjadilah semua ini,” ujar Tiara saat konferensi pers di La Moda, Plaza Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (4/10) malam.

Sang sutradara, Adjie N.A mennyampaikan drama musikal dikemas dengan format mendidik sekaligus menghibur. Serta menampilkan seni dan budaya Indonesia yang khas dengan menceritakan kisah patriot pahlawan dari berbagai daerah dari era VOC hingga kemerdekaan.

“Drama musikal ‘Khatulistiwa’ ini merupakan salah satu bentuk perjuangan kami sebagai generasi penerus dalam menjaga dan mengisi kemerdekaan. Saya fokus berpikir apa yang ingin disampaikan dengan ide yang dimainkan. Tapi pemain juga campur dari berbagai macam suku. Sekarang drama musikal menjadi suatu cara menyampaikan sesuatu,” papar Adjie.

Drama musikal ini melibatkan 100 talenta muda Indonesia berbakat dan turut menampilkan para aktor dan aktris ternama Indonesia seperti Rio Dewanto, Kelly Tandiono, Tika Bravani, Epy Kusnandar, Sita Nursanti, dan lain-lain.

Drama musikal ini akan berlangsung pada 18-20 November 2016 di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki. Selain ditampilkan dalam bentuk drama, nantinya akan ditampilkan dalam versi film yang akan disebarkan ke sekolah-sekolah dalam bentuk DVD.

“Saya berharap semoga kita bisa memberikan edukasi menyeluruh. Dan semoga pertunjukan ini akan berguna bagi penonton, terutama generasi penerus bangsa masa kini,” tutup Adjie. (Ayu Utami Larasati)

Penulis: GATOT WAHYU
Artikel asli dipublikasikan di Radarpena